Seputar Imbanagara Raya

Friday 27 April 2012

sejarah singkat Desa Imbanagara Raya

 Sejarah singkat Desa Imbanagara Raya

 Kalau berbicara tentang sejarah Desa Imbanagara Raya maka tidak akan terlepas dari Desa Imbanagara, sebab Desa Imbanagara Raya merupakan pemekaran dari Desa Imbanagara yang pada saat itu th. 1978 terlampau banyak untuk ukuran satu Desa. Maka pada tahun itu yaitu th 1978 terjadi pemekaran menjadi dua Desa, desa lama bernama Imbanagara sedangkan Desa baru bernama Imbanagara Raya.
Kedua Desa bersikeras untuk memakai nama Imbanagara tiada lain karena nama Imbanagara mempunyai nilai sejarah yang sangat penting bagi kedua desa tersebut, sebab sekitar th. 1642 pusat pemerintahan kabupaten Galuh dipindahkan dari cineam ke Barunay ( yang sekarang Imbanagara), pada tanggal 15 Januari 1816 pusat Pemerintahan kabupaten Galuh dipindahkan ke Ciamis dimana Bupati Galuh paling lama memerintah di Barunay yaitu Rd. Imbanagara, hingga sejak pindahnya pusat Pemerintahan kabupaten Galuh untuk mengenang jasa Rd. Imbanagara, Barunay Berganti nama menjadi Imbanagara.
Mengingat pengalaman historis tersebut diatas maka kedua desa hasil pemekaran mengingatkan nama Imbanagara. Untuk membedakan desa yang baru ditambahkan Raya di belakangnya hingga sejak th 1978 berdirilah Desa Imbanagara Raya.

No comments:

Post a Comment